Article Detail

SD Sint Carolus Gelar Pameran Hasil Produk P5

Dalam rangka menyemarakkan Puncak Perayaan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan tema “Gaya Hidup Berkelanjutan”. Acara tersebut dibuka untuk pertama kali pada hari Jumat, 17 November 2023 dihadiri oleh guru pendamping P5 dan anak-anak SD Sint Carolus dari kelas I sampai kelas 6.

Sebelum rangkaian acara ini dilaksanakan, murid-murid terlebih dahulu melakukan kegiatan proses P5 dengan alokasi waktu 3 JP per minggu selama 1 semester. Proses ini dilalui dengan beberapa tahapan, diantaranya; pengenalan P5, penyampaian tema, pengenalan tentang jenis-jenis sampah, aksi nyata membersihkan sampah, dan tahapan akhir membuat produk yang berbahan dasar sampah plastik.

Hasil dari produk P5 yang dibuat oleh peserta didik beraneka ragam. Kelas 1 (Fase A) membuat produk hiasan dinding berupa kolase bergambar ikan yang berasal dari sampah plastik makanan. Kelas 2 (Fase A) membuat pot bunga dari botol bekas dengan berbagai macam karakter. Sampah gelas plastik dan botol plastik mineral dirangkai oleh peserta didik kelas 3 dan 4 (Fase B) menjadi hiasan meja berbentuk bunga dan pohon kelapa. Lalu, untuk kelas 5 dan 6 (Fase C) membuat gantungan kunci berbentuk ikan dengan memanfaatkan plastik bekas jajanan.

Gelar pameran hasil produk P5 siswa juga dibuka untuk orang tua dan umum. Waktu pelaksanaannya pada tanggal 20 - 21 November 2023, pukul 11.30 – 13.15. Khsus untuk Produk yang dihasilkan oleh anak-anak dapat orang tua saksikan langsung di Aula SD Sint Carolus.

Tampak kegembiraan dan kebanggaan di wajah orang tua peserta didik. Mereka datang dengan sangat antusias untuk melihat hasil karya anak-anak yang  kurang lebih telah diproses selama 1 semester.

Salah satu pengunjung gelar karya, Ibu Rika orang tua murid dari Bellvania kelas 1B menuliskan refleksinya di buku pengunjung, “Karya-karya yang baik dari anak-anak SD Sint Carolus, semua bagus dan indah. Semoga semakin banyak karya yang dihasilkan dan bisa ditampilkan setiap beberapa bulan sekali”.

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment