Article Detail

Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif

Sabtu, 28 Januari 2023 guru SD Sint Carolus mengadakan HSG (Hari Studi Guru) dengan pemateri pertama Ibu Maragareta Nopia, S.Pd. Pada kesempatan ini kita diajak Bu Nopi untuk merancang pembelajaran interaktif melalui permainan dalam kelas, yang lebih banyak dikenal sebagai gamifikasi.

Gamifikasi adalah penggunaan elemen game dan pemikiran game di lingkungan non-game untuk meningkatkan perilaku dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Gamification adalah pendekatan pembelajaran menggunakan elemen-elemen di dalam game atau video game dengan tujuan memotivasi para siswa dalam proses pembelajaran dan memaksimalkan perasaan enjoy dan engagement terhadap proses pembelajaran tersebut, selain itu media ini dapat digunakan untuk menangkap hal-hal yang menarik minat mahasiswa dan menginspirasinya untuk terus melakukan pembelajaran menurut Nick Pelling (2002).

Kelebihan dari pembelajaran interaktif adalah Belajar jadi lebih menyenangkan, mendorong siswa untuk menyelesaikan aktivitas pembelajarannya, membantu siswa lebih fokus dan memahami materi yang sedang dipelajari, memberi kesempatan siswa untuk berkompetisi, bereksplorasi dan berprestasi dalam kelas.

Salam Tarakanita, satu hati satu semangat Tarakanita yes!!

 

#tarakanita

#yayasantarakanita

#sekolahtarakanita

#cerdasberintegritas

#sdsintcarolusbengkulu

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment