Article Detail
Arena Permainan dan Pameran di Play and Learn Corner
Hasil karya yang berbasis IT tersebut merupakan hasil pembelajaran dari mata pelajaran TIK di SD Sint Carolus. Pembuatan alat tersebut juga memanfaatkan barang bekas seperti kaleng bekas minuman, botol plastik, kardus bekas, hingga kaos putih yang mereka miliki untuk disablon. Selain itu dari pembelajaran IPA kelas V, ditampilkan juga hasil karya siswa berupa periskop sederhana. Hasil karya siswa dari Pembelajaran Berbasis Riset (PBR) ada juga yang ditampilkan yaitu keripik lidah buaya dan keripik wortel.
Selain menampilkan hasil karya siswa, permainan edukatif yang juga menarik perhatian siswa TK/PAUD berupa ular tangga, plastisin dari bahan alami (lempung terigu), maze game menggunakan magnet, kotak penjumlahan, stik untuk berhitung, mewarnai gambar, puzzle, dan komputer jodoh. Di setiap permainan edukatif ini disiapkan hadiah hiburan bagi siswa TK/PAUD yang berhasil menyelesaikan permainannya. Hadiah hiburan ini berhasil menarik antusias siswa TK/PAUD untuk bergantian mencoba permainan edukatif maupun hasil karya siswa SD Sint Carolus.
Dari Play and Learn Corner ini selain untuk menarik antusias peserta lomba antar TK/PAUD, juga sebagai sarana apresiasi bagi siswa-siswi SD Sint Carolus yang telah membuat hasil karya luar biasa yang dipamerkan di sini. Sebanyak 12 siswa dari kelas V dan VI dilibatkan untuk menjaga stand permainan edukatif serta pameran hasil karya di Play and Learn Corner ini. Kegiatan ini sangat positif dan bermakna maka corner ini perlu dilanjutkan lagi di kegiatan Lomba antar TK/PAUD yang akan datang dan tentunya perlu ditingkatkan dan dikembangkan kreativitasnya. (Anastasia Susi Murwaningsih, S.Pd)
-
there are no comments yet